Scientific Report

Keampuhan Teripang - GAMAT dalam merawat berbagai penyakit ini telah mendorong para scientist beberapa Universitas Malaysia pentingnya timun laut sebagai sumber obat-obatan.
Berawal dari bantuan subsidi dana penelitian setempat seperti IRPA RMK-7 dan dana penelitian lain yang disubsidi oleh lembaga lembaga pendidikan seperti Universitas Kebangsaan Malaysia, Universitas Islam - International Malaysia, SMIDEX serta bantuan logistic Himpunan Nelayan Sabah, Taman Laut Sabah, Organisasi Perikanan, Lembaga Kemajuan Ikan Malaysia (LKIM) dan beberapa pengusaha GAMAT domestic, DR.Ridzwan dan rekan-rekannya telah melakukan penelitian juice extract kasar beberapa species teripang dan teripang –GAMAT berkenaan khasiatnya memulihkan berbagai penyakit dan masalah kesehatan,termasuk penelitian seputar hal "Budi Daya Teripang".
Hasil riset yang telah dibukukan mendapatkan penghargaan sebagai “Peternak Timun Laut Pertama di Malaysia oleh “The Malaysia Book of Record”.
Beberapa jenis species GAMAT berupaya mempercepat proses penyembuhan luka di tubuhnya sendiri.
Penerapannya pada kulit manusia sangat hebat, penampilan permukaan kulit yang cedera setelah dirawat dengan sari GAMAT kembali normal, bekas luka hampir tidak kelihatan.

Kajian sari GAMAT terhadap tikus putih menunjukkan kandungan Antinosiseptive (penghilang rasa sakit / nyeri) lokal yang kualitasnya hampir menyerupai getah analgestic morphin
Selain itu sari GAMAT juga didapati mempunyai khasiat Antiinflamasi (anti peradangan).
Kandungan sari GAMAT didapati mengandung enzyme SOD (Super Oxide Dismutase) yang dapat menetralisir radikal bebas penyebab kanker / tumor, asam Omega yang dapat memperlambat proses penuaan.

Selain itu extract ini menghasilkan khasiat Antianafilaksis, mungkin disebabkan GAMAT mengandung bahan Bio-Active yang bersifat Antagonis terhadap kontraksi saluran pernapasan oleh Histamin
Beberapa jenis species GAMAT mempunyai khasiat Antiseptic yang menghambat pertumbuhan beberapa jenis kuman – bacteria, virus maupun jamur.
Selain mempunyai efek pemulihan terhadap Arthritis, juga memiliki khasiat Vasodilatasi pada saluran coronary jantung dan menurunkan Hypertensi.

Extract GAMAT kasar memberikan efek Sitotoxic terhadap sel sel Leukimia CEM-SS T-Lymphoblastic dan sel-sel Raji secara invitro.

Khasiat sebagai efek laxative terbukti dengan ditemukannya Enzyme Lactate Dehydrogenase dalam beberapa species timun laut.
Pelestarian Alam

Exploitasi besar besaran dan pengambilan yang membabi buta mengancam kepunahan sepecies GAMAT dan telah mendapat perhatian khusus oleh pemerintah setempat di Pulau Langkawi, Pulau Pangkor, Pulau Sembilan Perak, yang pada akhirnya dibentuklah Undang Undang Eco-Tourism malaysia untuk melindungi satwa laut dari kerusakan.

Dealer Resmi Gamat Luxor

Dealer Resmi Gamat Luxor

Hotline Gamat Center